DAERAH  

Bupati Bangkep Buka Lounching Perdana Pabrik Es di Desa Kalumbatan

Avatar
Foto; Gunting Fita oleh Bupati Banggai kepulauan H.Rais D.Adam sekaligus resmikan Lounching perdana Pabrik es balok di desa kalumbatan kecamatan Totikum selatan.

Kamis, 12/05/22

BangkepNews.com, BANGKEP– Bupati Banggai kepulauan ( Bangkep) H. Rais D Adam, Rabu (11/05/2022), membuka lounching Perdana pembukaan Pabrik Es Balok di Desa Kalumbatan kecamatan Totikum selatan kabupaten Banggai kepulauan, Sulawesi Tengah.

Pembangunan pabrik yang letaknya di pesisir pantai desa kalumbatan dirasa cukup strategis, dan sudah dinanti-nantikan masyarakat desa kalumbatan, khususnya para nelayan yang tinggal disekitar pesisir.

Pabrik es ini menjawab kebutuhan para nelayan. Karena para nelayan berkeinginan kalau Kabupaten Banggai Kepulauan memiliki pabrik es sendiri. Ibaratnya es ini sudah seperti nyawa jika mereka melaut. Tanpa adanya es, ikan-ikan yang ditangkap akan cepat membusuk saat tiba di daratan.

BACA JUGA:  Kapolres Bangkep Berikan Penghargaan 4 Anggota Polsek Bulagi

Bupati sangat berterima kasih kepada kepala dinas perikanan dan kelautan kabupaten banggai kepulauan yang telah membantu merealisasikan, sehingga pabrik es dapat dioperasikan.

“Alhamdulillah, Saya yakin, banyak masyarakat nelayan kita yang sudah lama menginginkan keberadaan pabrik di Banggai kepulauan ( Bangkep),” ujar kadis perikanan.

Harapan bupati, dengan dioperasikannya pabrik es ini, tentunya akan menyerap tenaga kerja dari masyarakat setempat dalam membantu operasional pabrik ke depan.

“Kadis perikanan dan kelautan kabupaten Banggai kepulauan Tommi.Luasusun menyebutkan, diawal produksi, disiapkan 104 es balok per harinya dengan harga Rp 25.000/balok. Dan Kedepannya kita akan tingkatkan lagi,” ucapnya.

BACA JUGA:  Waw.!!.Tol Laut Desa Mansalean Kecamatan Labobo Kab.Balut Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Bupati Banggai kepulauan meminta kepada kadis perikanan agar secepatnya menugaskan dan memberikan SK kepada berapa masyarakat yang akan ditugaskan sebagai karyawan , dan bertanggungjawab dalam menjaga pengolahan usaha pabrik es balok yang berada di desa kalumbatan.

Kegiatan lounching Perdana Pabrik es yang titiknya berada di desa kalumbatan kecamatan Totikum selatan, dihadiri Sekertaris Daerah Rusli Moidady, para kepala OPD Banggai kepulauan, camat, kepala desa dan aparat, ketua BPD dan anggota, serta dihadiri masyarakat setempat.( Ar)

BACA JUGA:  Rencana Pembongkaran Gudang Panjang di Pelabuhan Rakyat Salakan, Pemda Bangkep Lakukan Uji Publik
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *