Pohon Tumbang di Jalan Poros Salakan – Kautu di Akibatkan Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Avatar

Penulis; Arman.Londomi

BangkepNews.com. BANGKEP– Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Banggai kepulauan mengakibatkan pohon tumbang dan menutupi setengah jalan poros Salakan – Kautu wilayah Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan. Insiden ini menyebabkan gangguan pada para pengguna jalan, terutama para pengemudi mobil, truk, dan mini bus yang melintas di wilayah tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai Kepulauan, Saprin.K.Pitter, segera mengambil langkah cepat dengan memerintahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat untuk menangani keadaan darurat. Perintah tersebut diberikan melalui Kasie Darurat muh. Rifai. pada pukul 14:00 WITA. TRC BPBD Banggai Kepulauan langsung bergerak cepat menuju lokasi untuk meninjau dan menindaklanjuti laporan dari masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Camat Lolantang, Persiapkan Desa Pandaluk Ikuti Lomba desa Tingkat provinsi

Berdasarkan informasi yang diterima, anggota TRC BPBD yang dipimpin langsung oleh Kabid dan kasi Logistik Kedaruratan berusaha secepat mungkin untuk membersihkan pohon yang tumbang yang menghalangi jalur utama Salakan – Kautu.

Dalam upaya pembersihan tersebut, TRC BPBD bekerja keras untuk membersihkan pohon yang menutupi setengah jalan. Proses pembersihan dilakukan dengan cermat dan hati-hati guna memastikan tidak ada resiko lebih lanjut yang dapat mengancam keselamatan masyarakat.

Alhamdulillah, pada pukul 15:00 WITA, pembersihan pohon tumbang selesai dibersihkan, dan jalan poros Salakan – Kautu telah dapat dilalui kembali oleh pengguna jalan. Langkah cepat dari BPBD Kabupaten Banggai Kepulauan berhasil mengatasi situasi darurat ini dengan efisien tanpa ada korban atau kerusakan serius.

BACA JUGA:  Hanura pastikan akan tambah Kursi di 2024

Kalak BPBD Saprin.K.Pitter menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim TRC BPBD yang telah dengan sigap turun ke lapangan dan bekerja keras dalam penanganan bencana ini. Ia juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam, terutama selama musim hujan yang disertai angin kencang.

“Mari kita jaga alam, agar alam pun menjaga kita. Tetaplah tangguh dan saling peduli pada sesama dalam menghadapi bencana alam. Kita juga berterima kasih atas kerjasama dan dukungan dari masyarakat yang telah melapor dan memberikan informasi penting dalam penanganan bencana ini,” ujar Saprin.K.Pitter.

Pihak BPBD Kabupaten Banggai Kepulauan juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap mengikuti perkembangan informasi terkait cuaca dan bencana melalui sumber-sumber resmi. Dengan tetap berkoordinasi dan bersatu, diharapkan kita dapat mengurangi resiko yang berdampak dari bencana alam yang mungkin terjadi sewaktu – waktu.(Ar)

BACA JUGA:  1 Unit Rumah Warga Desa Binuntuli Kec.Liang Hangus Terbakar Dilalap sijago Merah
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *