Peringatan Penuh Semangat: Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-78 di Banggai Kepulauan

Avatar

BangkepNews.com. BANGKEP– Dengan semangat yang membara, Halaman Kantor Bupati Banggai Kepulauan menjadi saksi bagi momen bersejarah saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Sorotan acara tertuju pada Pj. Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, yang dengan gagahnya memimpin upacara pengibaran bendera merah putih. Namun, inti dari perayaan ini tak hanya terletak pada para pemimpin, tetapi juga pada semangat nasionalisme yang mengalir dalam darah muda Banggai Kepulauan.

Keseruan tak terbantahkan terjadi saat Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) yang terdiri dari 39 pria dan wanita berdiri gagah. Dengan keanggunan yang menggetarkan, mereka terbagi dalam dua kelompok; satu kelompok dengan kehormatan mengibarkan Bendera Pusaka, dan kelompok kedua dengan penuh hormat menurunkannya. Para anggota PASKIBRAKA ini bukan sembarang individu, melainkan putra-putri pilihan yang telah mengalami pengukuhan, mewakili keberanian dan dedikasi Banggai Kepulauan.

BACA JUGA:  Inspektorat Terindikasi Lamban Dalam Penanganan Penyalah Gunaan Dana Desa

Komandan Upacara Pelda Hanafi MK,saat diwawancarai yang juga merupakan pejuang sejati Bangsa Indonesia, menjelaskan, “Menjadi komandan upacara adalah sebuah tanggung jawab yang tak bisa dianggap enteng. Peringatan 17 Agustus adalah momen yang memang datang hanya sekali setahun, namun memerlukan dedikasi jiwa dan jiwa nasionalisme yang tiada tara.” Tuturnya

“Saya berharap seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Banggai Kepulauan, bisa mengembangkan semangat nasionalisme, persatuan, dan kesatuan. Ini adalah esensi yang sangat diperlukan,” tambahnya.

BACA JUGA:  KPU Butuh Anggaran Rp 8 Triliun Tahun Ini untuk Mulai Tahapan Pemilu 2024

Menurutnya, setiap kali tiba momen 17 Agustus, ia merasa panggilan jiwa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan begitu kuatnya.

“Saya merasa panggilan jiwa setiap kali moment ini datang. Kami hanya menyumbangkan satu momen seperti ini kepada negara, meneruskan perjuangan yang dulu diberikan para pahlawan. Seiring dengan prinsip di kalangan tentara, kita tidak perlu bertanya apa yang negara berikan kepada kita, tetapi apa yang bisa kita berikan kepada negara,” jelasnya dengan penuh semangat.

Tak hanya diramaikan oleh para pemimpin dan anggota PASKIBRAKA, acara ini juga dimeriahkan oleh kehadiran berbagai tokoh penting, Mantan Bupati Banggai Kepulauan Drs.Lania. Laosa, Sekretaris Daerah, Staf Ahli dan Asisten, Ketua dan anggota DPRD Bangkep, Wakapolres Bangkep, serta unsur Forkopimda. Turut hadir pula para peserta upacara dari kalangan ASN, PPPK, TKD, serta berbagai undangan terhormat.

BACA JUGA:  Bobolnya Kas Daerah 36,5 M Membayangi APBD Banggai Kepulauan

Dengan langkah tegap dan hati yang dipenuhi kebanggaan, Banggai Kepulauan merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dengan penuh semangat dan harapan.(**)

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *