MTQ Ke-20 Banggai Kepulauan Resmi Dibuka oleh Penjabat Bupati Ihsan Basir di Desa Lolantang

Avatar

BangkepNews.com. BANGKEP– Pj.Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-20 Tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun 2023. Acara berlangsung di Desa Lolantang, Kecamatan Bulagi Selatan, pada Sabtu (16/12/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Ihsan Basir menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ tidak hanya sebagai peneguhan syiar Islam, tetapi juga diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil pembelajaran Al-Qur’an di masyarakat Banggai Kepulauan. Ihsan Basir menekankan bahwa MTQ bukan hanya sebagai media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, tetapi juga menjadi dorongan kuat untuk memacu percepatan pembangunan, terutama dalam aspek keagamaan, pencerahan rohani, kedamaian, dan akhlakul karimah masyarakat Banggai Kepulauan ( Bangkep)

BACA JUGA:  Kasus Korupsi Rp 29,3 Milyar di Bangkep, Polda Sulteng keluarkan DPO

“Pelaksanaan MTQ Ke-20 ini bertujuan untuk membina ukhuwah islamiyah dan meningkatkan serta mengembangkan syiar Islam di Kabupaten Banggai Kepulauan,” ucap Ihsan Basir.

Pj.Bupati juga menyoroti pentingnya MTQ sebagai sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan masyarakat dalam menghayati serta mengamalkan nilai-nilai keagamaan. Momentum pelaksanaan MTQ di tahun ini diharapkan menjadi tonggak pembinaan bagi Qori dan Qori’ah serta peserta cabang MTQ lainnya untuk mencapai kemandirian.

Dalam kesempatan tersebut, Ihsan Basir menyampaikan apresiasi kepada Dewan Hakim yang telah dilantik, berharap mereka menilai Musabaqah ini sesuai dengan sumpah yang diucapkan. Beliau berharap penilaian tersebut akan melahirkan qori dan qori’ah, hafidz dan hafidzah, Murattil dan murattillah, serta para jawara di cabangnya masing-masing untuk mewakili Banggai Kepulauan di MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

BACA JUGA:  Polsek Bulagi Kembali Amankan Knalpot Racing / Bogar / Brong Yang Sangat Meresahkan Warga

Acara pembukaan MTQ Ke-20 ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Banggai Kepulauan Rusli Moidady, Unsur Forkopimda, anggota DPRD, Staf Ahli dan Asisten Bupati, Kepala Kantor Kementerian Agama Banggai Kepulauan, para Kepala OPD, Camat Bulagi Selatan, Panitia Penyelenggara MTQ, para Kafilah dan Official, serta masyarakat setempat. Semua pihak diharapkan dapat bersinergi dalam mendukung keberhasilan dan kelancaran pelaksanaan MTQ Ke-20 tahun ini.(Ar)

BACA JUGA:  Bupati Bangkep Buka Rapat Persiapan Syafari Ramadhan 1443 H./2022 M
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *