DAERAH  

Pemkab Bangkep Laksanakan Halalbihalal Di Pendopo Rujab Bupati

Avatar
Prof. DR. KH. Zainal Abidin, M.Ag,dalam membawakan tauziah dalam giat Halalbihal di pendopo rumah jabatan bupati Bangkep

BangkepNews.com. BANGKEP– Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan selenggarakan kegiatan Halal Bihalal guna mempererat tali Silaturahmi antar sesama. Terselenggaranya Halal Bihalal ini masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Salah satu tradisi yang selalu hadir saat Idul fitri yakni Halalbihalal. Biasanya Halalbihalal dilakukan dengan bersilaturahmi ke rumah tetangga, saudara, dan kerabat. Pada acara Halalbihalal, tiap orang akan saling memaafkan dan bersalam-salaman.

Halalbihalal menjadi tradisi yang terus berkembang hingga saat ini.Prof. DR. KH. Zainal Abidin, M.Ag mengangkat Tema Halal Bihalal “Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Tingkatkan Etos Kerja Dalam Indahnya Kebersamaan dan Keragaman Silaturahmi” ungkapnya.

Dalam ceramah yang dibawakan Prof. DR. KH. Zainal Abidin, M.Ag menyampaikan pada kesempatan ini semoga kita semua dapat saling memberikan maaf, karena ajaran islam, saling memaafkan bukan hanya di bulan ramadan, akan tetapi di setiap haripun juga dapat saling memaafkan, tetapi momen bulan ramadan inilah maaf memaafkan yang paling indah,” terangnya.

BACA JUGA:  Pj. Bupati Bersama Ketua DPRD Bangkep Setujui Penambahan JKN/KIS Sebanyak 13.500 Jiwa

Melalui halalbihalal ini, KH. Zainal Abidin mengajak untuk meningkatkan etos kerja semakin baik, semakin disiplin, semakin solid, semakin bersatu sehingga persatuan dan kesatuan kita tetap terjaga.

“Jangan suka bertentangan, jadilah hamba-hamba yang bersaudara, mari kita saling memaafkan, tetap berhati bersih, selamat hari raya idul fitri minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin,” tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Pj.Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir, SH.,LL.M menyampaikan dalam sambutannya, halal bihalal ini merupakan suatu tradisi yang dilakukan umat Islam khususnya di Indonesia, perayaan hari raya idul fitri untuk menyempurnakan kemenangan dan kesucian yang diraih setelah melaksanakan puasa dan ibadah selama bulan suci ramadan.

“Dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, tentunya jalinan silaturahmi sangat dibutuhkan. Begitu pula dalam mewujudkan pembangunan Kabupaten Banggai Kepulauan, harus adanya jalinan komunikasi dan sinergitas antara sesama aparatur Pemerintah Daerah Banggai Kepulauan maupun aparatur pemerintah dengan seluruh pemangku kepentingan terkait,” ucap Ihsan Basir.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Hadiri Penanaman Pohon Mahoni di Desa Balayon kab. Bangkep.

Lanjut, “Kiranya melalui momen halal bihalal ini akan senantiasa menggugah dan membangun kesadaran baru kita semua, untuk kembali pada harkat kemanusiaan sebagai makhluk yang fitrah sesuai makna hakiki idul fitri,” ujar Bupati.

Sehingga kata Bupati, semangat kemenangan dan hari yang fitrah tersebut, kita jadikan titik awal untuk berbenah diri, menyiapkan konsep, bekerja ikhlas, berkarya nyata serta senantiasa berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam mempercepat pembangunan Kabupaten Banggai Kepulauan, wujudkan Banggai Kepulauan yang maju, mandiri, bermartabat dan berkeadilan sejahtera.

“Jangan suka bertentangan, jadilah hamba-hamba yang bersaudara, mari kita saling memaafkan, tetap berhati bersih, selamat hari raya idul fitri minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin. Melalui Kegiatan ini, kita semua diharapkan dapat saling membersihkan diri dengan tulus dan ikhlas, saling memberi dan meminta maaf kepada sesama atas segala khilaf dan dosa yang pernah kita perbuat,” terang Bupati.

BACA JUGA:  Bupati Bangkep Buka Lounching Perdana Pabrik Es di Desa Kalumbatan

Kegiatan dihadiri Pj. Bupati Banggai Kepulauan, Ketua DPRD, Unsur Forkopimda Kab. Bangkep, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan Bangkep, Staf Ahli dan Asisten Setda, Kepala OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua PHBI dan anggotanya, Danramil 1308/LB, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat. (*/Ar)

 

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *