DAERAH  

Siraman Rohani dan Tausyiah Keluarga Besar ASN, Kab.Bangkep

Avatar

Salakan ( 01/3/23)

BangkepNews.com. BANGKEP– Pemkab Banggai kepulauan menyelenggarakan Siraman Rohani setelah Sholat Isya, kegiatan tersebut diselenggarakan di pendopo rumah jabatan bupati Banggai Kepulauan. Selasa ( 28/02)

Kegiatan ini dihadiri Bupati,Ketua TP-PKK, Sekda, ketua DPRD, kepala kantor Kementrian agama, Wakapolres, dan seluruh ASN, serta Tokoh masyarakat kabupaten Banggai kepulauan.

Melalui kegiatan siraman rohani ini Pj Bupati Ihsan Basir.SH.LL.M berharap dapat menguatkan keimanan dan ketakwaan serta mempererat silaturahmi pada pegawai ASN di lingkungan Pemkab Banggai Kepulauan.

Penyampaian materi diberikan oleh ustadz Donny Amir Sagaf terkait Hakekat sebenarnya Bulan Ramadhan, supaya ramadhan kali ini kita betul – betul ramadhan yang terbaik buat kita,” ucap ustadz Donny Amir Sagaf

Bulan ramadhan itu adalah bulan diturunkannya al-qur’ an yang merupakan al-qur’ an itu adalah petunjuk, penjelas dan pembeda, jadi definisi ramadhan, bulan Al-Qur’an.

Pelajaran yang terpenting dalam Al- Qur’ an adalah pelajaran yang pertama dan utama dari Al- Qur’an

Yang paling pertama dan utama dari al-Qur’an itu adalah tentang takdir. Takdir itu ada dua (2), yang pertama (1) namanya takdir taqwim, takdir taqwim itu maknanya cukup besar, disitu tidak ada satupun campur tangan manusia. Kedua (2) Takdir  Tasyrik, terkait campur tangan manusi ada pada takdir tasyrik, tapi takdir tasyrik berada pada takdir taqwim juga,  allah sudah tentukan bagaimanapun caranya,,” ucap ustadz.

Dijelaskannya juga terkait persoalan rezeki, “rezeki itu masuk pada takdir taqwim, tidak ada satupun yang berjalan diatas bumi ini, terkecuali ditangan Allah rezekinya. Rezeki itu tidak akan pernah tertukar, karena rezeki itu sudah diatur oleh Allah. SWT, jadi mau seperti apa yang kita lakukan rezeki tidak akan berubah,” jelasnya

Tapi, kalau rezeki yang Allah berikan di syukuri, maka rezeki yang kita dapatkan adalah barokah. Barokah itu takdir berdasarkan apa yang kita lakukan maka rezeki barokah ini sangat bermanfaat yang tidak ternilai harganya.

“Barokah adalah Konsep dasar, utama dan pertama, barokahnya Rezki yang didapatkan, maka Allah akan membuka pintu rezeki yang membuat kita akan lebih kaya, harta kekayaan yang didapatkan semuanya penuh barokah, itu petunjuk dari Al-Qur’an,” tutur ustadz Donny Amir Sagaf.

Diakhir tausyiah dengan sesi tanya jawab,dan Selanjutnya, Ustadz Donny Amir Sagaf, mengatakan bahwa point inti dari tausyiah ini, Ramadhan itu bulan Al-Qur’an, Al- Qur’an memiliki 3 fungsi, yaitu; sebagai petunjuk bagi umat manusia hingga akhir zaman, penyempurna kitab-kitab suci sebelumnya, dan sumber pokok ajaran agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw.(Ar)

 

banner 728x250
BACA JUGA:  Musrembang Tingkat Kecamatan Dalam Menyusun Usulan Kegiatan Prioritas RKPD 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *