Kades Bobu Mengunjungi Pembuatan Keramba Tancap Ikan Babara, Program Dana Desa 2023

Avatar

BangkepNews.com, BANGKEP – Kepala Desa (Kades) Bobu, Rusli Timpas, hari ini Senin (26/6/23)  mengunjungi lokasi pembuatan keramba tancap untuk budi daya ikan babara. Program inovatif ini didanai melalui Dana Desa tahun anggaran 2023 dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Bobu melalui sektor perikanan.

Keramba tancap adalah metode budi daya ikan yang menggunakan keramba terapung yang ditempatkan di perairan dan diikat dengan menggunakan tiang pancang. Ikan babara dipilih karena memiliki pertumbuhan yang cepat dan bisa dijual dengan harga yang menguntungkan. Dalam upaya untuk meningkatkan produksi ikan babara, pemerintah desa Bobu bekerja sama dengan petani ikan setempat dan ahli perikanan.

Kepala Desa Bobu, Rusli, mengungkapkan bahwa program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa dan meningkatkan pendapatan mereka melalui sektor perikanan.

BACA JUGA:  Bangkep Balut Bersinergi Dalam Percepatan Pembangunan Inovasi Wisata

“Dengan menggunakan Dana Desa, kami berharap dapat memberikan dukungan finansial dan teknis kepada masyarakat dalam pengembangan usaha perikanan. Keramba tancap ini adalah salah satu langkah inovatif yang kami ambil untuk mencapai tujuan tersebut,” ujarnya.

Selama kunjungan, Kades Bobu turut serta dalam proses pembangunan keramba tancap dan memberikan arahan kepada petani ikan tentang teknik budi daya yang efektif. Ia juga berdiskusi dengan para ahli perikanan yang terlibat dalam program ini, dengan harapan dapat memperoleh wawasan yang lebih dalam mengenai pengelolaan perikanan yang berkelanjutan.

BACA JUGA:  Bupati Bangkep Buka Kegiatan Penyampaian Pokok - pokok RPD dan RKPD 2023

Masyarakat desa Bobu merasa antusias dengan adanya program ini. Warga setempat saat diwawancarai media ini, salah satu petani ikan yang terlibat dalam program, mengungkapkan, “Kami sangat berterima kasih kepada Kades Bobu atas dukungan yang diberikan. Program ini tidak hanya memberikan peluang usaha baru bagi kami, tetapi juga membantu kami untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam budi daya ikan.” Ucapnya

Dalam program ini, kedepannya, mereka juga berencana untuk membangun sentra pengolahan ikan yang modern guna meningkatkan nilai tambah produk ikan babara yang dihasilkan.

Diharapkan, dengan adanya program budi daya ikan babara melalui keramba tancap ini, masyarakat desa Bobu dapat meningkatkan pendapatan mereka secara signifikan. Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mengembangkan sektor perikanan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.(Ar)

BACA JUGA:  Kepala Desa Talas Talas Jefri Wellong Dorong Pembangunan Multi-Sektor Semasa Menjabat
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *