OPINI  

Bobolnya Kas Daerah 36,5 M Membayangi APBD Banggai Kepulauan

Avatar

BangkepNews.com. BANGKEP– Banggai Kepulauan – Dalam sebuah kejadian yang mengejutkan pada tahun 2019 silam, dana sebesar 36,5 Milliar rupiah yang dibobol oleh Ahmat Tamrin yang kala itu menjabat sebagai Kaban BPKAD Kabupaten Banggai Kepulauan. Kasus bobolnya kas Daerah Banggai Kepulauan yang jumlahnya sangat fantastis sebesar 36,5 milliar, hingga saat ini pelaku Ahmat Tamrin belum ditangkap dan belum ada penyelesaian hukum yang pasti.

Kejadian ini mengkhawatirkan banyak pihak karena dana yang dibobol tersebut dapat berdampak signifikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banggai Kepulauan, dan mengancam stabilitas keuangan daerah.

Dana yang dibobol merupakan bagian dari APBD Banggai Kepulauan yang seharusnya digunakan untuk pembangunan dan pelayanan publik. Dana tersebut seharusnya dialokasikan untuk proyek-proyek penting seperti pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan kegiatan sosial lainnya. Namun, dengan adanya kebocoran dana sebesar 36,5 milliar rupiah, akan menghambat proses pembangunan di Daerah Banggai kepulauan.

BACA JUGA:  Pj.Bupati Banggai Kepulauan Keluarkan Keputusan Tanggap Darurat dalam Penyelesaian Krisis Air Bersih

Belum adanya penyelesaian hukum atas tindakan pembobolan dana oleh Ahmat Tamrin semakin memperburuk situasi daerah ini. Tidak hanya merugikan keuangan publik, tetapi juga mengirimkan sinyal negatif bahwa kejahatan semacam ini dapat dilakukan tanpa hukuman yang setimpal. Hal ini berpotensi meningkatkan angka kejahatan serupa di masa depan.

APBD merupakan tulang punggung pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Setiap kehilangan dana akan berdampak luas pada proyek-proyek yang telah direncanakan dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kemajuan dan perkembangan yang dijanjikan oleh proyek-proyek tersebut menjadi terancam karena adanya kebocoran dana.

Pemerintah daerah dan aparat penegak hukum perlu segera bertindak untuk menyelesaikan kasus ini dengan cepat dan tegas. Pelaku pembobolan dana harus ditangkap dan diadili sesuai dengan hukum yang berlaku. Selain itu, upaya perbaikan sistem pengawasan dan tata kelola keuangan daerah juga harus segera dilakukan guna mencegah kejadian serupa terulang di masa mendatang.

BACA JUGA:  Wakil Ketua DPRD Balut Patwan Kuba, Dinilai Masyarakat Kabupaten Banggai Laut Sangat Bermasyarakat dan Mampu Mengawal Aspirasi Masyarakat

Tidak hanya itu, transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan APBD perlu ditingkatkan. Proses penggunaan dan pengalokasian dana harus diawasi dengan ketat, dan laporan keuangan harus dapat diakses oleh masyarakat secara mudah. Dengan demikian, masyarakat dapat memastikan bahwa dana publik digunakan dengan tepat dan bertanggung jawab.

Kasus ini juga seharusnya menjadi peringatan bagi pemerintah daerah Banggai Kepulauan untuk meningkatkan keamanan dan pengawasan terhadap dana publik. Kejadian serupa dapat terjadi di mana saja, dan langkah-langkah pencegahan harus segera diambil untuk menghindari kerugian yang lebih besar di masa depan.

Kesimpulannya, kehilangan dana sebesar 36,5 milliar rupiah akibat pembobolan yang dilakukan oleh Ahmat Tamrin berpotensi memberikan dampak negatif pada APBD Banggai Kepulauan. Tanpa penyelesaian hukum yang tepat, stabilitas keuangan daerah dan pelaksanaan proyek-proyek pembangunan terancam terganggu. Oleh karena itu, upaya penangkapan pelaku dan perbaikan sistem pengawasan harus menjadi prioritas bagi pemerintah daerah, sambil meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana publik.(Ar)

BACA JUGA:  Giat Baksos Bagi Sembako Pada Kaum Dhuafa
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *