Polsek Bulagi Berhasil Ringkus Buronan Tersangka Kasus Korupsi Dari Kab. Morowali

Avatar

Minggu 25/09/22

BangkepNews.com. BANGKEP– Buronan ( DPO) Polres Morowali berinisial My merupakan seorang Kades Non Aktif di Kec. Bungku Selatan Kab. Morowali, dimana yang bersangkutan merupakan seorang buronan yang saat ini di cari oleh Penyidik Sat Reskrim Polres Morowali.

Sat Reskrim Polres Morowali sudah berulangkali melayangkan surat panggilan, akan tetapi yang bersangkutan tidak mau datang saat akan di periksa. Tersangka berinisial My malah melarikan diri keluar dari Kab. Morowali.

Sebelum dilakukan penangkapan oleh Personil Polsek Bulagi, tersangka MY ini telah sering berpindah-pindah tempat untuk bersembunyi guna mengindari kejaran aparat kepolisian,” ujar Kapolsek dengan spesifikasi di dunia Intelijen tersebut.

Kapolsek Bulagi, kata dia, Sebagai Aparat Penegak Hukum Personil Polri harus dapat menindak lanjuti, mengusut dan menyelesaikan perkara-perkara hukum termasuk mengamankan barang bukti serta tersangka guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Kapolsek Bulagi IPDA MUH. RUHIL NEWTON SUGIARTO, SH saat di konfirmasi oleh awak media membenarkan bahwa beberapa hari lalu tepatnya pada 21 September 2022, pihaknya telah menangkap dan mengamankan seorang tersangka kasus tindak pidana korupsi yang terjadi di Kab. Morowali dengan Inisial Identitas “MY”.

BACA JUGA:  5 Personil Polres Bangkep Terancam PTDH

“Penangkapan tersebut dilakukan di rumah salah satu warga di Desa Balalon Kec. Bulagi Selatan Kab. Banggai Kepulauan pada waktu dini hari, ucapnya.

Tersangka MY merupakan seorang Kades Non Aktif di Kec. Bungku Selatan Kab. Morowali, dimana yang bersangkutan merupakan seorang buronan ( DPO) yang saat ini di cari oleh Penyidik Sat Reskrim Polres Morowali, dan yang bersangkutan tidak mau datang saat akan di periksa kembali, bahkan pelaku tindak pidana korupsi malah melarikan diri keluar dari Kab. Morowali.

“Pada awalnya proses penangkapan Kapolsek Bulagi mendapatkan adanya informasi Penyidik Polres Morowali yang mana menyampaikan bahwa salah seorang tersangka yang sedang di buru oleh mereka yakni tersangka “MY” berada di wilayah hukum Polsek Bulagi,” tuturnya

BACA JUGA:  KPK Tahan Dua Tersangka Korupsi Pengadaan e-KTP

Selanjutnya Kapolsek Bulagi IPDA MUH. RUHIL NEWTON SUGIARTO, SH, dengan berbekal informasi awal, Kapolsek Bulagi memerintahkan anggotanya agar segera melakukan proses penyelidikan. Tidak berselang beberapa waktu pelaku ditemukan berdasarkan informasi masyarakat bahwa yang bersangkutan bersembunyi di rumah salah seorang kerabatnya di Desa Balalon, maka dilakukan upaya kroscek dan pengendapan guna memastikan keabsahan informasi tersebut.

“Setelah dilakukan pengintaian beberapa saat dan dipastikan keberadaan tersangka “MY, maka dilaksanakan upaya paksa berupa penangkapan dan selanjutnya yang bersangkutan di bawa ke Mako Polsek Bulagi untuk di amankan sementara, guna menunggu penjemputan oleh Penyidik Polres Morowali. Selama proses penangkapan tersangka MY tidak melakukan perlawanan,”ucap perwira pertama Polres Bangkep dengan balok satu dipundaknya,”paparnya.

Saat proses penangkapan oleh Personil Polsek Bulagi yang melibatkan aparat Desa yakni Kades, Sekdes serta aparat Desa Balalon juga pihak keluarga, guna dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

BACA JUGA:  Luar Biasa, Hanya Butuh 9 Jam Polsek Bulagi Ungkap Kasus Curanmor

“Selanjutnya pada 23 September 2022 dilaksanakan serah terima tersangka MY dari Polsek Bulagi kepada Penyidik Polres Morowali, kemudian yang bersangkutan dibawah kembali ke Kab. Morowali guna proses hukum selanjutnya,” tutup Kapolsek Bulagi.

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *