Kadis DPMD Inginkan Dana Desa Dorong Percepatan Ekonomi

Avatar

Sabtu 24/06/22

Editor: Arman. Londomi

BangkepNews.com. BANGKEP — Kadis DPMD ( Rahmat.Labou ) menginginkan Dana Desa dikelola lebih efektif dan efisien dengan memegang prinsip pengelolaan dana desa yang lebih transparan, pemerataan, berkeadilan yang dimulai dari proses Asas pengaturan, perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan pelaporan dan pertanggung jawaban.

pengelolaan dana desa bertujuan memberikan dampak perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, sehingga bisa mendorong perekonomian disetiap Desa guna mengurangi kemiskinan. Terutama kemiskinan eskrim yang ada di 141 desa dan 3 kelurahan.

“Saya berharap perekonomian di desa terlihat ada perubahan, tidak kalah cepatnya dengan pergerakan perekonomian yang ada di kota,” ucap Rahmat. Labou.S.STP.M.AP, Jumat (24/06).

Program Dana Desa telah dimulai sejak 2015. Diketahui Bersama bahwa anggaran tersebut terlihat ada peningkatan disetiap tahunya.

BACA JUGA:  Paripurna DPRD Bangkep Bahas Tiga Rancangan peraturan Daerah

” Saya berharap Pemerintah Desa dan BPD dapat bersinergi dalam menjalankan tugasnya, lakukan yang terbaik untuk kepentingan masyarakat, diingatkannya, bahwa kepercayaan dalam pengelolaan Dana Desa Ini butuh Keseriusan, yang perlu dipastikan adalah dana itu bisa berjalan optimal, agar target dalam mendorong Percepatan Ekonomi dapat tercapai ,” tegas Rahmat Labou.

Rahmat juga meminta kepada seluruh kepala Desa, untuk bisa memastikan anggaran Dana Desa digunakan untuk hal-hal produktif, kegiatan yang bisa membuka lapangan pekerjaan, dan penggunaan dana tersebut melibatkan masyarakat desa yang menerima.

“Saya minta penggunaan Dana Desa ini betul-betul tepat sasaran, ada pendampingan, didampingi dengan baik. Terkait jenis proyeknya, waktu pengerjaan, dikawal dan juga manajemen lapangannya diawasi semuanya oleh BPD sesuai tugas dan fungsinya,” paparnya.

BACA JUGA:  Musdes Pemdes Bobu Sepakat Fokus Tingkatkan Ekonomi dan Atasi Stunting, Sekaligus Dirangkaikan Dengan Penyerahan BLT DD pada 24 KPM

Publik menyadari, anggaran Dana Desa yang sudah dimulai sejak beberapa tahun berjalan, masih terlihat ada desa yang belum optimal dalam pemanfaatan dana desa, sehingga target percepatan pemulihan ekonomi belum nampak terlihat.

“Kalau dilihat dari beberapa tahun terakhir, fokus dalam mendorong percepatan ekonomi, dibeberapa desa terlihat belum maksimal,” ungkapnya.

Maka dari itu, menurut kadis DPMD, perlu ada perbaikan sistem pengalokasian Dana Desa sehingga menjadi lebih efektif lagi.

Rahmat menginstruksikan kepada seluruh kepala Desa di Banggai kepulauan, bagi desa yang belum maksimal agar sistemnya diperbaiki, akuntabilitas disederhanakan namun diefektifkan, sehingga kita semakin yakin Dana Desa yang meningkat ini bisa mendorong percepatan pemulihan ekonomi di Banggai Kepulauan,” Tandasnya. (Ar)

BACA JUGA:  Polsek Bulagi Berhasil Mengamankan Miras dalam Kegiatan Rutin di Desa Montop Kecamatan Bulagi Utara
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *