Pembangunan gedung SMA di Banggai Selatan Terbentur Anggaran

Avatar

 

BangkepNews.com. Banggai Laut – Pembangunan gedung SMA di Banggai Selatan menghadapi kendala serius akibat terbatasnya anggaran yang tersedia. Meskipun SMAN Banggai Selatan telah dirintis sejak tahun 2021, jumlah siswa yang terdaftar masih sangat sedikit.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Banggai Laut tidak memiliki kewenangan untuk mengintervensi pembangunan gedung SMA setelah disahkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Pemerintahan provinsi memiliki tanggung jawab penuh terkait Dikmen (pendidikan menengah), sehingga Menu alokasi anggaran untuk pembangunan gedung SMA tidak termasuk dalam Sistem Informasi Pengelolaan Daerah (SIPD).

BACA JUGA:  Kunjungan Kerja Walikota Palu di Bangkep

Patwan Kuba, Wakil Ketua DPRD Banggai Laut saat dihubungi via Telepon genggamnya Minggu (25/6/23), mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut tidak memiliki wewenang karena undang-undang membatasi itu. Meskipun langkah-langkah telah diambil untuk merintis pembangunan tersebut sejak tahun 2021, tetapi progresnya terhenti akibat keterbatasan sumber daya keuangan.

“Kita menyadari bahwa pembangunan gedung SMA di Banggai Laut sangat penting untuk memastikan pendidikan yang berkualitas bagi generasi muda. Namun, karena anggaran yang tidak memadai, kami sebagai kabupaten tidak dapat melakukan intervensi yang dibutuhkan,” kata Patwan.

Lanjut, ” Dalam hal ini, pemerintah kabupaten berharap adanya kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah provinsi, DPRD Provinsi dan kabupaten untuk mencari solusi bersama dalam mengatasi kendala anggaran tersebut. Pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan menjadi salah satu prioritas yang harus diutamakan untuk mendukung perkembangan pendidikan di daerah,”Sambungnya

BACA JUGA:  Pemkab Bangkep Peringati Hari Pendidikan Nasional Dihalaman Kantor Bupati

Sementara itu, para orang tua siswa dan masyarakat setempat juga berharap agar pemerintah dapat segera menemukan solusi yang memadai untuk melanjutkan pembangunan gedung SMAN Banggai Selatan. Mereka berharap agar para siswa dapat menikmati fasilitas yang memadai dan lingkungan belajar yang kondusif.

Pembangunan gedung SMAN di Banggai Selatan telah menjadi isu yang semakin mendesak untuk diselesaikan. Dengan kerjasama yang kuat antara pemerintah provinsi dan kabupaten, diharapkan kendala anggaran dapat diatasi dan pembangunan gedung SMAN Banggai Selatan dapat berlanjut demi masa depan pendidikan yang lebih baik bagi generasi muda Kecamatan Banggai Selatan.(*/Ar)

BACA JUGA:  Kapolsek, Danramil Dan Camat Bulagi Bersinergi Untuk Kemajuan Kec. Bulagi
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *