Himbauan BPBD Banggai Kepulauan: Waspada Terhadap Cuaca Musim Hujan dan Gelombang Pasang di Pesisir Pantai

Avatar

Penulis; Arman.Londomi

BangkepNews.com. BANGKEP– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banggai Kepulauan melalui Kepala BPBD Saprin K. Pitter, menghimbau kepada masyarakat terkait kondisi cuaca musim hujan dan gelombang pasang air laut yang dapat mempengaruhi pemukiman yang berada di pesisir pantai. Himbauan ini disampaikan melalui Kasi Darurat BPBD, Moh. Rifai, dengan tujuan agar masyarakat selalu waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan.

Menurut Kasi Darurat BPBD Moh. Rifai, cuaca musim hujan dan gelombang pasang air laut memiliki potensi untuk menyebabkan bencana di daerah pesisir pantai. Hujan lebat yang sering terjadi pada musim ini dapat memicu banjir dan longsor, sementara gelombang pasang air laut dapat menyebabkan abrasi pantai dan banjir rob. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut untuk selalu waspada dan mengikuti himbauan dari BPBD.

BACA JUGA:  Kasus Korupsi Rp 29,3 Milyar di Bangkep, Polda Sulteng keluarkan DPO

Moh. Rifai juga menambahkan bahwa masyarakat di pemukiman pesisir pantai perlu melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Beberapa langkah yang dapat diambil antara lain:

1.Memantau perkembangan cuaca dan memperoleh informasi terkini melalui sumber yang dapat dipercaya, seperti BPBD setempat atau stasiun meteorologi.

2.Menjaga sistem drainase dan saluran air agar tidak tersumbat, sehingga air hujan dapat mengalir dengan lancar.

3.Mengamankan barang berharga dan penting di tempat yang aman dari potensi banjir.

3.Membuat rute evakuasi yang aman dan memperoleh pengetahuan tentang tempat pengungsian terdekat.

BACA JUGA:  1 Unit Rumah Terbakar di Desa Palam Tinangkung Utara, Kab.Banggai Kepulauan

4.Menghindari beraktivitas di dekat pantai selama kondisi cuaca buruk, terutama saat gelombang pasang air laut tinggi.

BPBD Banggai Kepulauan juga mengimbau masyarakat untuk saling memberikan informasi dan bantuan kepada sesama jika terjadi situasi darurat. Selain itu, BPBD juga akan melakukan patroli dan pemantauan terus-menerus untuk memberikan respon cepat jika terjadi bencana.

Himbauan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi selama musim hujan dan gelombang pasang air laut. Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, diharapkan dapat mengurangi risiko kerugian dan melindungi keselamatan masyarakat yang tinggal di pemukiman pesisir pantai.

BPBD Banggai Kepulauan mengingatkan agar masyarakat selalu mengikuti perkembangan informasi terkini dari pihak berwenang dan menjalankan langkah-langkah pencegahan yang disarankan. Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan tangguh dalam menghadapi potensi bencana alam.(Ar)

BACA JUGA:  Kejaksaan Negeri Balut sosialisasikan penyuluhan hukum kepada para siswa
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *