1 Unit Rumah Warga Desa Binuntuli Kec.Liang Hangus Terbakar Dilalap sijago Merah

Avatar

BangkepNews.com, BANGKEP– Sebuah tragedi kebakaran melanda Desa Binuntuli pada Sabtu, tanggal 19 Agustus 2023, pukul 19.05 WITA. Satu unit rumah yang terletak di sana dilalap si jago merah, meninggalkan duka mendalam bagi keluarga korban. Korban kebakaran adalah Mardin Samaduka (42 tahun), Hadija Lingai (30 tahun), Lulu (16 tahun), Lala (16 tahun), Lila (13 tahun), Ainun (9 tahun), Mutia (7 tahun), dan Madi (4 tahun).

Sumber api dilaporkan berasal dari dapur atau tungku di dalam rumah tersebut. Meskipun api dengan cepat menjalar dan menghanguskan satu unit rumah beserta seluruh isinya, beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tragis ini. Walaupun nyawa selamat, kerugian yang dialami oleh keluarga korban tak terhitung. Pakaian, perlengkapan rumah tangga, surat-surat berharga, dan harta lainnya turut terbakar menjadi abu.

BACA JUGA:  PDAM Mati, Warga Desa Bongganan di Banggai Kepulauan Protes dan Pertanyakan Kelangsungan Layanan

Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banggai Kepulauan Saprin.K.Pitter menerima laporan pada Sabtu, tanggal 19 Agustus 2023, tepatnya pukul 22.01 WITA.

Menurut Saprin melalui kasi Darurat,” BPBD langsung merespons kejadian ini dengan melakukan assessment terhadap situasi yang terjadi. Dalam upaya pemulihan, BPBD berkoordinasi dengan aparat setempat untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh keluarga korban,” ucap Muh Rifai.

BACA JUGA:  BPBD Bangkep Serahkan Bantuan Logistik Pada Warga Terdampak Anging Puting Beliung di Sapelang

Lanjut Rifai,” Masyarakat setempat juga memberikan peran penting dalam mengatasi bencana ini. Warga sekitar bekerja sama dalam melakukan pemadaman secara konvensional, sehingga dapat mengendalikan laju api dan mengurangi dampak kerusakan yang lebih lanjut. Meskipun terbayang duka yang mendalam, solidaritas dan semangat gotong-royong warga Desa Binuntuli telah membuktikan bahwa dalam kesulitan, mereka bersatu untuk membantu memadamkan kobaran api yang menghanguskan rumah korban,” sambungnya

Kejadian tragis ini mengingatkan kita akan pentingnya kewaspadaan dalam menghadapi risiko bencana. Semoga keluarga korban dan warga Desa Binuntuli diberikan kekuatan dan dukungan dalam mengatasi cobaan yang datang tiba-tiba ini. Kita semua berharap agar mereka dapat bangkit kembali dan melanjutkan perjalanan kehidupan dengan semangat baru.(Ar)

BACA JUGA:  Penilaian Hasil Konvergensi Penurunan Stunting Desa Tunggaling
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *