DAERAH  

Meningkatkan pendapatan Asli Daerah, Butuh Dukungan Beberapa OPD Terkait

Avatar

Selasa 09/08/22

BangkepNews.com.BANGKEP– Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) Banggai kepulauan  dapat terlihat bagaimana suatu daerah bisa menggali sumber sumber pendapatan asli daerah baik berasal dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan milik daerah.

Berdasarkan Pasal 1 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang  Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

“Semua penerimaan yang diperoleh daerah yang sumber-sumber dari dalam daerah sendiri, dipungut berdasarkan peraturan daerah ( PERDA ),Peraturan Bupati regulasi yang berkaitan dengan pajak Daerah dan  Retribusi Daerah,” ucap kaban Bapenda.

BACA JUGA:  Rundown Kunjungan Kerja Wagub Sulteng di Kab. Bangkep Dalam Rangka Peninjauan Proyek Tahun Anggaran 2021

lanjut, Din Lamasada ” tentu kita  berharap agar beberapa OPD yang menjadi penopang pendapatan Daerah agar lebih memperhatikan pasilitas pendukung sehingga kita dapat menarik retribusi demi menaikan pendapatan daerah, artinya, dalam penarikan retribusi tidak dikategorikan pungli,” ucapnya saat diwawancarai diteras kantor Bapenda.

“Sektor pendapatan daerah memegang peranan yang sangat penting, karena melalui sektor ini dapat dilihat sejauh mana suatu daerah dapat membiayai kegiatan pemerintah dan pembangunan daerah,”paparnya.

BACA JUGA:  Peringatan Ulang Tahun ke-24 Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep): Semangat Bersatu dan Membangun Masa Depan yang Cerah

Dalam keterangan salah satu  aleg DPRD pada salah satu media online, dikatakannya “capaian realisasi PAD tahun 2022 ini perlu jadi atensi dan perhatiaan khusus bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kaban Bapenda Din Lamasada sangat berkeinginan agar peningkatan pendapatan daerah Banggai Kepulauan lebih meningkat lagi, tetapi persoalan ini perlu diperkuat lagi  dengan peraturan daerah, dan peraturan bupati,”tandasnya.(Ar).

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *