DAERAH  

Rp 24 Milliar, Pemda Bangkep Realisasikan Untuk Musrembang Kecamatan Tahun Anggaran 2024

Avatar

Salakan (14/01/23)

BangkepNews.com. BANGKEP– Pemerintah Daerah ( PEMDA ) Banggai Kepulauan telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp 24 Milliar, untuk 141 Desa 3 kelurahan dan 12 Kecamatan.

Hal itu di ungkapkan kepala Bappeda dan Litbang Muh.Aris Susanto di Ruang kerjanya pada sejumlah awak media,Selasa ( 10/01/23).

” Dipastikan ada angka 24 Milliar itu itu digunakan dalam Musrembang Kecamatan, Rp 14,4 Milliar itu masuk di 141 Desa 3 Kelurahan, sedangkan Rp 9,6 Milliar Itu disebar di 12 Kecamatan,” terang Haris

Pengalokasian anggaran tersebut, guna merealisasikan usulan prioritas yang telah di musyawarahkan di desa dan kelurahan Tahun 2023 untuk tahun anggaran 2024.

BACA JUGA:  Kabar Gembira: Seluruh PPPK di Bangkep Pasti Tersenyum Manis

“Untuk Musrembang Kecamatan, kata Aris, Pemda akan mengalokasikan anggaran per kecamatan sebesar Rp.500 Juta,dari pagu anggaran yang sudah disiapkan.

“Jadi, Daerah mempersiapkan anggaran Rp.24 Milliar, untuk program usulan Prioritas dalam Musrembang Kecamatan, sehingga tidak ada lagi usulan desa dan kecamatan yang tidak terealisasi. Tidak ada lagi desa yang usulannya tidak dibiayai, dipastikan semua usulan desa pasti punya satu kegiatan. Minimal satu dalam anggaran Rp.100 juta per desa,” jelas Aris Susanto.

BACA JUGA:  Pemilik Lokasi Desa Kolak Tidak Diberitahu Lahannya Menjadi Korban Proyek Kantong Produksi

“Namun demikian, pengalokasian anggaran Rp 100 juta tersebut di batasi, peruntukannya guna membantu program pemerintah, khususnya pemberdayaan masyarakat dan penuntasan kemiskinan Extrim, maupun penanganan stanting,” terangnya.

Olehnya, Pemda akan menyusun kamus usulan yang akan menjadi panduan kecamatan dan desa guna membatasi penyusunan program kegiatan desa dalam pemanfaatan anggaran tersebut.

“Dalam minggu ini Pemda akan mengundang pihak kecamatan untuk menyampaikan hal itu, sebelum kegiatan pra Musrembang desa dan kecamatan dilaksanakan,” tandas Muh. Aris Susanto. ( Ar )

BACA JUGA:  Pastikan  Data Penduduk  Masyarakat Bangkep Sesuai

Penulis; Arman. Londomi

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *