DAERAH  

Musrembang Tingkat Kecamatan Dalam Menyusun Usulan Kegiatan Prioritas RKPD 2024

Avatar

Selasa (28/02/23)

BangkepNews.com– Kegiatan Musrembang Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan pemkab banggai kepulauan guna membahas terkait program prioritas usulan pemerintah desa 2023 yang akan menjadi rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024, giat tersebut yang dilaksanakan di balai pertemuan umum kecamatan bulagi. Senin (27/02/2023).

Kegiatan Musrembang dihadiri Pj. Bupati Banggai kepulauan, Kepala Bappeda dan Litbang, Asisten dan Staf Ahli Setda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kaban Kesbangpol, Danramil Bulagi, Camat Bulagi, Kepala Desa, Ketua BPD Se Kec. Bulagi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Camat Bulagi Nani Orab dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj. Bupati Banggai kepulauan bersama rombongan yang telah hadir dalam rangka melaksanakan kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan yang dilaksanakan di Kecamatan Bulagi.

“ Beberapa minggu yang lalu kami sudah melaksanakan Pra Musrembang, olehnya, usulan kegiatan masing – masing desa mengusulkan program prioritas,” ucapnya.

Disamping itu, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Banggai kepulauan Moh. Aris Susanto, SE.,ME menyampaikan dalam sambutannya, kata dia, dengan berlakunya Undang – Undang Nomor 6 tahun 2005 tentang pemerintahan daerah maka kewenangan daerah menjalankan tugas-tugas Pemerintahan, Pembangunan kemasyarakatan menjadi semakin besar dan penting.

BACA JUGA:  HUT Banggai Kepulauan Ke-23 Tahun 2022

“Peranan pembangunan di tingkat Desa diharapkan mampu menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk menampung aspirasi semua pihak merupakan bagian dari langkah perencanaan, rencana pembangunan dari bawah untuk mendapatkan masukkan menyempurnakan kerja Pemerintah Daerah,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Bupati Banggai kepulauan Ihsan Basir, SH. LL.M mengajak kepada seluruh peserta yang hadir dengan segala pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki untuk mendialogkan sesuai pandangan masing-masing, guna mempercepat langkah dan memacu kinerja pembangunan Daerah Kabupaten Banggai kepulauan.

“Berdasarkan data statistik pada tahun 2021 tercatat laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banggai kepulauan sebesar 5,07 % walaupun pada tahun 2020 sempat mengalami pelambatan akibat pandemi virus covid 19, kita terus optimis pada tahun-tahun mendatang pertumbuhan ekonomi dapat terus kita tingkatkan lagi,” jelas Bupati.

Pj Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir mengatakan, bahwa data tingkat kemiskinan kabupaten banggai kepulauan di setiap tahunnya terus menurun, dimana tahun 2020 sebesar 14, 04 %, menurun di tahun 2021 sebesar 13, 72 % dan tahun 2022 menjadi 13, 44 %.

BACA JUGA:  Sekda Bangkep Buka Sosialisasi Maba S2, Dan S3 Untad Palu

“Musrembang hari ini sangat penting dalam merancang langkah menyusun program kegiatan yang lebih Inovatif. Program kegiatan yang telah terinput kedalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) berdasarkan program prioritas daerah untuk tahun 2023,” ucapnya.

Bupati juga menyampaikan, Tahun 2023 merupakan tahun kedua pelaksanaan RPD Kabupaten banggai kepulauan tahun 2023 – 2026. Isu-isu strategis yang masih harus segera diselesaikan adalah infrastruktur kawasan Ibukota yang belum optimal, masih tingginya angka kemiskinan ekstrim, infrastruktur jalan belum memadai dan kualitas SDM khususnya bidang Pendidikan, Kesehatan Aparatur Sipil Negara, petani dan nelayan, produktivitas, produksi sektor pertanian/perikanan belum memadai disebabkan masih tingginya angka stunting.

Selanjutnya, di tahun 2024 Pemkab Banggai kepulauan mengangkat tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur yang Mendukung Daya Saing Daerah” dengan prioritas pembangunan adalah Optimalisasi Infrastruktur jalan dan penataan kawasan ibukota terpadu, Peningkatan kualitas SDM pendidikan yang merata, Percepatan penurunan kemiskinan ekstrim melalui optimalisasi potensi lokal, Percepatan intervensi penurunan stunting dan Pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilukada yang berkualitas.

BACA JUGA:  PJ.Bupati Bangkep Apresiasi Sosialisasi P4GN dan Prekursor Narkotika Kab. Bangkep

Diakhir kegiatan disimpulkan hasil Musrenbang tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di kecamatan Bulagi, Skala Prioritas Rencana Kerja Pemerintah Daerah terbagi tiga bidang, Bidang Fisik Prasarana, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya. Kesimpulan dari tiga bidang sudah menjadi dasar program usulan prioritas setiap desa di kecamatan bulagi.(*/Ar)

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *