DAERAH  

Pemda Bangkep Audit Kasus Stunting Tahun 2023

Avatar

BangkepNews.com – Pemerintah Daerah ( Pemda) Kabupaten Banggai kepulauan ( Bangkep) membuka kegiatan Audit Kasus Stunting Tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Rusli Moidady, ST.,MT mewakili Pj. Bupati Banggai kepulauan membuka kegiatan Audit Kasus Stunting Tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan yang bertempat di Gedung KNPI Salakan, Rabu, (29/3/2023).

Dalam sambutan Bupati yang di bacakan Sekertaris Daerah (Sekda, Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini.

Rusli Moidady dalam sambutannya mengatakan,“Guna untuk mengidentifikasi risiko terjadinya stunting pada kelompok sasaran, mengetahui penyebab resiko terjadinya stunting pada kelompok sasaran sebagai upaya pencegahan dan perbaikan tata laksana kasus yang serupa, menganalisis faktor risiko terjadinya stunting pada balita, serta memberikan rekomendasi penanganan dan perbaikan tata laksana kasus Stunting serta upaya pencegahannya,” ucapnya

BACA JUGA:  Cuaca Buruk, 3 Warga Tatabau Ditemukan Selamat di Perairan Toili

Dalam mengaudit kasus stunting tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan ini bukan hanya menjadi tugas dari Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) saja, akan tetapi ini menjadi tugas dari stakeholder yang ada, serta upaya dalam pencegahan dan penurunan angka stunting. Pencegahan Stunting ini tidak dapat di lakukan oleh sektor kesehatan saja, melainkan harus melibatkan lintas sektor keluarga itu sendiri.

“Saya berharap evaluasi kita terhadap kasus stunting ini juga dapat menjadi bahan untuk pelaksanaan kegiatan berikutnya. karena masalah stunting dan anak merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penyusunan sehingga dapat memastikan pelaksanaan audit kasus stunting berjalan sesuai dengan tujuan pedoman dan target waktu yang telah ditentukan,” terang Rusli Moidady.

BACA JUGA:  Kecelakaan Tragis di Salakan: Mobil Truk Tabrak Pengendara Bentor dan 7 Motor Parkir, 3 Korban Luka

Percepatan dalam penurunan stunting harus dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga intervensi atau pencegahan dapat segera dilakukan agar kasus ini tidak semakin memburuk.

Pj.Bupati melalui sekertaris daerah sangat berharap agar seluruh komponen yang tergabung dalam struktur tim audit kasus stunting yang sudah dibentuk dapat memahami tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, serta dapat bersinergi dalam melaksanakan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting di wilayah Banggai Kepulauan.

“Dalam pertemuan ini, agar kita lebih memahami lagi alur dan mekanisme pelaksanaan audit kasus stunting, sehingga dapat memperoleh gambaran tentang sasaran audit kegiatan yang di laksanakan di Kabupaten Banggai Kepulauan,” tandas Sekda.

Kegiatan di hadiri oleh Tim Pakar (Dokter Anak), Wakil Ketua TP PKK Kab. Banggai Kepulauan, Kepala Bappeda dan Litbang, Perwakilan DP3A Prov. Sulteng, Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Kab. Banggai Kepulauan, Anggota TPPS Kabupaten, Camat Tinangkung, serta para Kepala Puskesmas kabupaten Banggai kepulauan (Bangkep).(*/Ar).

BACA JUGA:  Musrembang Tingkat Kecamatan Dalam Menyusun Usulan Kegiatan Prioritas RKPD 2024
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *