Paripurna DPRD Bangkep Bahas Tiga Rancangan peraturan Daerah

Avatar

BangkepNews.com. BANGKEP– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkep sukses melaksanakan Rapat Paripurna untuk membahas tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda).Senin (23/11/23)

Dalam acara paripurna tersebut, Sekretaris Daerah Rusli Moidady membacakan sambutan Pj Bupati, menyoroti pentingnya peran pemerintah dalam menciptakan kondisi yang aman dan damai. “Tujuannya adalah memenuhi pelayanan dasar dan menciptakan kondisi dinamis, aman, nyaman, tertib, dan disiplin sebagai landasan hukum,” ujar Rusli.Moidady

Pj Bupati Bangkep Ihsan Basir melalui sekertaris Daerah Rusli.Moidady menyampaikan bahwa ketertiban umum, ketentraman, dan perlindungan masyarakat menjadi fokus utama, menekankan tanggung jawab bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat.

BACA JUGA:  Pelantikan 81 Penjabat Kepala Desa di Kabupaten Banggai Kepulauan

Ranperda tentang tataruang wilayah RT/RW Banggai Kepulauan tahun 2022-2042 menjadi perhatian serius, terutama mengingat adanya rencana eksploitasi sumber daya karst Bangkep oleh puluhan perusahaan tambang batu gamping. Sementara itu, Ranperda tentang pajak dan retribusi daerah diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk mendukung pembangunan daerah.

Fraksi-fraksi DPRD menyatakan pandangan umum bahwa keberadaan ketiga Ranperda ini sangat penting untuk disahkan dan diterapkan. Pembahasan lebih lanjut mengenai Ketertiban Umum dan Pajak/Retribusi akan dilakukan di tingkat Bapemperda, sementara Ranperda RTRW akan melalui proses evaluasi di tingkat provinsi. Melibatkan masyarakat dalam proses ini diharapkan dapat memperkuat implementasi kebijakan demi kehidupan yang lebih baik di Bangkep.(Ar)

BACA JUGA:  Korban Tergeletak Tak Bernyawa Di Samping Mobil Yang Dikendarainya
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *