DAERAH  

Peningkatan Kapasitas dan Pemilihan Duta Genre 2024: Banggai Kepulauan Dorong Partisipasi dan Pembentukan Karakter Anak

Avatar

BangkepNews.com. BANGKEP– Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Banggai Kepulauan bekerjasama dengan BKKBN perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Forum Genre Sulteng dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Forum Anak dan Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) Kab. Banggai Kepulauan Tahun 2024 bertempat di BPU Kecamatan Tinangkung, Senin (8/7/2024).

Diawali dengan kegiatan peningkatan kapasitas forum anak yang dihadiri oleh Forum Anak Kabupaten Banggai Kepulauan dengan narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Banggai Kepulauan dan memberikan materi terkait pencegahan penggunaan narkotika dan obat-obat Terlarang.

Kemudian disusul narasumber dari Kementerian Agama terkait pencegahan pernikahan di bawah umur, serta materi tentang pencegahan bullying di sekolah dan lingkungan remaja oleh Kepala Dinas P3AP2KB Kab. Bangkep.

Forum anak sendiri adalah wadah partisipasi anak untuk mendorong keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya dan dilaksanakan atas dasar kesadaran pemahaman serta kemauan bersama sehingga anak dapat menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari keputusan tersebut.

Penguatan kapasitas forum anak Kabupaten Banggai Kepulauan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun di mana dilaksanakan dua kali dalam setahun untuk wadah partisipasi anak dalam pembangunan.

BACA JUGA:  Perbarui Data Sipol, KPU Harap Pendaftaran Pemilu 2024 Lebih Mudah

Forum anak merupakan bagian dari upaya untuk memenuhi hak-hak anak melalui keterlibatan mereka dalam menyiapkan dan menggiatkan hal-hal positif guna mendorong partisipasi dan membentuk karakter anak yang kuat.

Diwaktu yang sama pada malam hari dilanjutkan dengan pemilihan Duta genre Kabupaten Banggai Kepulauan 2024 guna mewakili Kabupaten Banggai Kepulauan pada ajang pemilihan Duta genre tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2025.

Pemilihan Duta genre atau generasi berencana menjadi ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi selain itu juga menciptakan remaja yang bebas narkoba seks bebas dan HIV AIDS dan tentunya menjadi role model atau panutan di lingkungannya dalam mensukseskan program bangga Kencana yang termasuk di dalamnya adalah upaya percepatan penurunan stunting.

“Alhamdulillah kegiatan kali ini berlangsung sukses di mana turut dihadiri pula oleh tim kerja dari BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah dan forum genre Provinsi Sulawesi Tengah yang mana merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami mengingat kegiatan ini sempat vakum dan tidak terlaksana di tahun lalu,” ujar Kadis P3AP2KB Moh. Adnan Datu Adam dalam sambutannya.

BACA JUGA:  HUT Banggai Kepulauan Ke-23 Tahun 2022

“Seperti diketahui bahwa perwakilan Duta genre Kabupaten Banggai Kepulauan selama ini relatif dapat memberikan capaian positif pada setiap ajang pemilihan Duta genre provinsi.
Semangat inilah yang tetap harus kita pelihara agar antusiasme generasi muda bangkep dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif tetap terjaga,” jelas Adnan.

Malam puncak pemilihan Duta genre Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 2024 dibuka secara resmi oleh Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Muh. Aris Susanto, SE, ME, dan berlangsung dengan meriah karena dihadiri langsung oleh forum genre Sulawesi Tengah dan forum genre Kabupaten Banggai Kepulauan, serta para partisipan dan sponsor.

Dalam sambutan tertulis Bupati yang dibacakan Aris Susanto berharap peserta yang terpilih menjadi Duta Genre dapat membawa manfaat bagi para remaja di Kabupaten Banggai Kepulauan sebagai wujud tanggung jawab untuk menciptakan remaja yang kreatif, inovatif dan berakhlakul karimah.

Aris juga berpesan agar para remaja khususnya yang berstatus pelajar, harus tetap bersemangat belajar berkarya dan berprestasi sehingga mampu bersaing untuk meraih sukses.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri pada kegiatan pemilihan duta genre tingkat kabupaten Banggai kepulauan tahun 2024 adalah :
1. Juara 1 Duta Genre Putra Reynald Andika Marlon Laempah asal PIK R Tunas Muda SMA Negeri 1 Tinangkung
2. Juara 1 Duta Genre Putri Nopsira Yepeikene asal PIK R Berkualitas SMA Negeri 1 Buko
3. Juara 2 Duta Genre Putra asal PIK R Eklesia Bukit Sinai SMK Kristen Bukit Sinai
4. Juara 2 Duta Genre Putri Sulistia Ningsih asal PIK R Pemuda Harapan SMK Negeri 1 Totikum Selatan
5. Juara 3 Duta Genre Putra Reza Sandy A. Lau beka. asal PIK R SMA Negeri 1 Buko Selatan
6. Juara 3 Duta genre Putri Laisya Soteri Yo Soolani asal PIK R Tunas Muda SMA Negeri 1 Tinangkung.

BACA JUGA:  Kabar Gembira: Seluruh PPPK di Bangkep Pasti Tersenyum Manis

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Forum GenRe Banggai Kepulauan masa Bakti 2024 – 2026. (IKP-KOM)

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *