Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan, dr. Abdi Dorong Peningkatan Tipe RS Bilabanggai

Avatar

24/07/22

BangkepNews.com. BANGKEP– Dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Bangkep, Kepala Dinas Kesehatan Banggai kepulauan ( Bangkep) Dr. Abdi Gunawan dorong agar Rumah Sakit Pratama Bilabanggai Lumbi-Lumbia Kecamatan Buko Selatan diupayakan untuk dinaikkan status atau kelasnya.

Kadis Kesehatan dr. Abdi Gunawan, MPH saat diwawancarai pada Selasa, (19/07/22) disela kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor (Lokmin Linsek) UPTD Puskesmas Tataba Kecamatan Buko mengatakan “Yang pertama yang harus dipahami bahwa kita ada untuk melayani masyarakat, maka dengan itu harus terus berusaha dan berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan mampu menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan,” ungkapnya

“Kalau kita pahami letak geografis Kabupaten Banggai Kepulauan tentunya perlu kita pikirkan bagaimana upaya kita sebagai pelayan masyarakat untuk selalu memikirkan itu, karena di Bangkep hanya ada RSUD Trikora Salakan yang menjadi rumah sakit rujukan,” tambahnya.

BACA JUGA:  RSUD Trikora Kekosongan Dokter Ahli, Bupati dan Ketua DPRD Bangkep Angkat Bicara.

Lanjut,” Perlu kita pikirkan, pasien dari wilayah Kecamatan Bulagi dan Buko harus dirujuk ke RSUD Trikora Salakan, berapa biaya yang harus dikeluarkan, belum lagi jarak yang cukup jauh dengan kondisi infrastruktur jalan yang rusak tentunya akan semakin memperburuk keadaan pasien,” ucapnya dengan nada prihatin.

Ia juga menjelaskan bahwa memang masyarakat Bangkep bisa memilih untuk rujukan ke RSUD Luwuk ataupun RSUD Banggai Laut, menurutnya, biaya yang harus dikeluarkan pasti tidak sedikit. keluarga pasien pasti mengeluarkan biaya transportasi, konsumsi, apa lagi jika keluarga pasien tidak memiliki sanak saudara di Luwuk, sudah pasti semua serba beli.

” Coba kita hitung saja kalau 4 orang yang mendampingi pasien dalam sehari berapa biaya yang harus dikeluarkan, tapi apabila dirawat dekat dengan tempat tinggal akan semakin hemat biaya yang dikeluarkan, dan anggota keluarga yang bekerja dapat tetap melaksanakan pekerjaannya,” jelasnya.

BACA JUGA:  Pemerintah Desa Bobu Kecamatan Tinangkung Selatan Laksanakan Kegiatan Rembuk Stunting

Untuk itu Kadis Kesehatan juga akan berupaya agar RS. Pratama Bilabanggai Lumbi-Lumbia bisa naik tipe atau kelas minimal Kelas D, dengan mempersiapkan prasarana penunjang maupun tenaga medis yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan yang ada.

“apabila ini bisa tercapai, kata dia, akan sangat membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di wilayah Bulagi dan Buko bersaudara, tentunya akan berdampak positif baik untuk penambahan PAD dan perputaran perekonomian masyarakat sekitar,” tutur dr. Abdi.

Semua ini dalam rangka memberikan pelayanan terbaik dan mempermudah pelayanan kesehatan pada masyarakat sekitar. Selain itu, pasien mendapatkan pelayanan secara cepat oleh petugas kesehatan.

“Kendala biaya bagi masyarakat kurang mampu harus dihilangkan dengan jaminan kesehatan, Kita berharap Pemda segera merealisasikan rencana UHC yaitu seluruh masyarakat sudah memiliki kartu BPJS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan secara gratis,” terang dr. Abdi Gunawan.

BACA JUGA:  Perintah Wabub; Bongkar Pagar Puskesmas Plus Mansamat, Dibantah Pengawas Proyek

Disamping itu, Camat Buko Winarto, ST dan Kepala Desa se-Kecamatan Buko sangat mengapresiasi dan mendapatkan dukungan atas rencana Kadis Kesehatan Bangkep untuk mendorong RS. Bilabanggai Lumbi-Lumbia dinaikkan kelasnya agar masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan lanjut. (Ar/Jr)

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *