Susun Desain Pemilu di Masa Pandemi Jadi Fokus Calon Anggota KPU

Avatar

Penulis: Haryanti Puspa Sari | Editor: Krisiandi

Salakan 12/01/22

JAKARTA, BangkepNews.com – Presiden Joko Widodo sudah mengirimkan 14 nama calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 10 nama calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ke DPR RI.

Seorang di antara 14 nama calon anggota KPU periode 2022-2027 yakni Yessy Yatty Momongan mengatakan, salah satu program prioritasnya apabila terpilih menjadi anggota KPU RI adalah merancang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang efisien selama pandemi Covid-19.

“Di masa pandemi Covid-19 ini hanya kita yang punya pemikiran tahu bagaimana memprioritaskan diri, hanya kita yang mampu mendesain bagaimana pemilu itu yang efisien,” kata Yessy dalam diskusi secara virtual bertajuk “Mengenal 7 Perempuan calon anggota KPU-Bawaslu Perempuan”, Sabtu (12/2/2022),seperti dikutip KOMPAS.com.

BACA JUGA:  Wali Kota Palu Hadianto Rasyid Memutuskan Membatalkan Pelantikan Pejabat Pemerintah Kota Palu

Yessy mengatakan, pelaksanaan Pemilu yang dia rancang, nantinya memprioritaskan kesehatan dan kebutuhan masyarakat yang terdampak akibat pandemi.

PPKM Level 3, Strategi Rem di Gelombang Ketiga Pandemi!
“Pengambil kebijakan nantinya di KPU akan memikirkan bagaimana pemilunya tetap kualitas, pemilunya luar biasa mutunya tapi efisienkan anggaran Pemilu,” ujarnya.

Di samping itu, Yessy mendukung keterwakilan perempuan di KPU dan Bawaslu lebih dari 30 persen agar mampu memengaruhi pengambilan kebijakan yang adil.

BACA JUGA:  Kapolsek Bulagi Bersama Bhabinkamtibmas di Anugrahi Piagam penghargaan Oleh Pj Bupati Bangkep di HUT RI Ke-78

“Karena ketika perempuan di bawah angka 30 persen, ada dalam ruang itu dia tidak mampu memengaruhi kebijakan yang berbasis kebijakan adil dan setara untuk laki-laki dan perempuan, maka angka yang paling bagus itu 50 persen,” ucapnya.

Lebih lanjut, sebagai perwakilan calon anggota KPU RI dari Indonesia Timur, Yessy berharap mampu mengikuti seleksi di tingkat nasional dengan baik.

“Indonesia timur bukan yang mudah yang bisa didapatkan dengan teman-teman di pusat kekuasaan, tapi dari situ kami berjuang untuk ada di sini. Semoga ini menjadi bagian penting dan menjadi perhatian semua,” pungkasnya.(**/Ar)

BACA JUGA:  Jenazah Dibonceng; Masyarakat Desa Oluno Berterimakasih Atas Respon Bupati Bangkep
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *