Desa  

Tuntutan BPD Se- Bangkep Minta Pemda untuk mengontrol Sistem Pemerintahan di Desa

Avatar

BangkepNews.com. BANGKEP– Dalam upaya meningkatkan transparansi dan kualitas pemerintahan Desa di Kabupaten Banggai Kepulauan, Badan Perwakilan Desa (BPD) meminta (PJ) Bupati Ihsan Basir untuk memfasilitasi pertemuan antara BPD dan Pemerintahan Desa (Pemdes) melalui dinas terkait. Tujuannya adalah memberikan pemahaman kepada Pemerintah Desa dan BPD se-Kabupaten Banggai Kepulauan tentang cara membangun desa dengan sistem pemerintahan yang baik, sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Sejumlah anggota BPD dalam merespons perdebatan di dalam grup BPD, menyatakan, “Saran dan masukan dari rekan-rekan BPD sangat relevan. Permasalahan yang terjadi dalam pemerintahan desa harus disampaikan kepada Pj.Bupati sebagai bahan evaluasi,” ucap sejumlah anggota BPD

Menurut forum BPD se-bangkep, Pj Bupati Banggai Kepulauan perlu mengetahui persoalan yang terjadi dalam pemerintahan di desa, BPD sangat berharap agar peran BPD menjadi mitra yang dihormati oleh pemerintah desa, sehingga tanggung jawab BPD tidak dianggap remeh oleh kepala desa masing-masing.”terang beberapa ketua BPD dalam group BPD se-bangkep.

BACA JUGA:  Nasib APBD Bangkep Ada Ditangan Pj Bupati

” Seluruh ketua dan anggota BPD menegaskan peran pentingnya dalam pembahasan anggaran program Dana Desa. Bukan hanya kepala desa yang memiliki kewenangan anggaran di desa,
melainkan BPD juga memiliki peran sentral dalam penetapan anggaran program untuk memastikan alokasi dana sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa,” ucapnya dalam group.

Tuntutan ini mencerminkan upaya BPD Banggai Kepulauan untuk memperkuat sistem pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, dan sesuai dengan regulasi yang berlaku, sehingga pembangunan di tingkat desa dapat berjalan efektif dan efisien.(Ar)

BACA JUGA:  Rapat khusus Verifikasi Dan Validasi KPM BLT Dana Desa Bongganan Tahun 2023
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *