BPBD Banggai Laut Lakukan Penyemprotan Guna Mencegah Penularan DBD

Avatar
Foto: Kalak BPBD bersama Team Reaksi Cepat (TRC ), lakukan giat penyemprotan guna mencegah penularan DBD.di dalam kota Banggai Laut

Balut 11/02/22

BangkepNews.com. Balut — BPBD Banggai Laut lakukan penyemprotan guna membunuh jentik – jentik nyamuk demi mencegah penyebaran Demam Berdarah.Senin 29 Januari Sampai 2 Februari 2022.beberapa waktu lalu.

Giat yang di laksanakan BPBD Bangai Laut, pekan lalu mengacu pada Surat edaran Kemekes RI, Direktorat Jenderal Pencegahan dan pengendalian penyakit. Surat edaran yang bernomor HK 02 021 940 2022 Tentang Pelaksanaan Fogging/ Pengasapan.

Dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit menular yang disebabkan oleh vaktor nyamuk, perlu dilakukan upaya pengendalian vektor guna mewujudkan kondisi yang sesuai dengan standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan. Salah satu upaya pengendalian vaktor yang dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan adalah melalui metode kimia dengan cara fogging/pengasapon.

BACA JUGA:  Sat Polairud Polres Bangkep Laksanakan Binmas Perairan di Pesisir Pantai Desa Tompudau Dan Bongganan

“Kasubid Pencegahan Rahmat Abdullah.SH, saat di konfirmasi via telepon Jumat 11/02/2022. Kata dia, BPBD Banggai laut melaksanakan penyemprotan dan mengutamakan titik titik yang di anggap rawan penularan demam berdarah,”tuturnya.

“Lanjut, Ia juga menjelaskan tentang titik titik lokasi pencegahan penularan demam berdarah, antara lain, Pasar lama, pelabuhan, kampung gorontalo,sekolah, bebang, giat tersebut dilaksanakan selama 3 hari,” ungkapnya.

Nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue menjadi perantara penyebaran penyakit demam berdarah. Di beberapa kasus penyakit ini bisa mengancam nyawa manusia.

BACA JUGA:  Galangan Perahu CV KAPOTA RAYA di Desa Liang, Banggai Kepulauan, Menunjukkan Keunggulan dalam Pengujian Ketahanan Perahu

Kalak BPBD Mulyadi. Mojang,ST.MT. Menghimbau kepada seluruh kalangan masyarakat untuk mencegah penularan dan perkembangbiakan nyamuk DBD ini,BPBD Banggai laut melakukan Surveilans ketat, Penelitian epidemiologi, Pembagian bubuk Abate, PSM (pemberantasan sarang nyamuk), PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), 3 M, Fogging/langkah terakhir,” kata dia

“Lanjut, Selain mencegah perkembangbiakan nyamuk, kita juga wajib melindungi tubuh untuk mencegah gigitan nyamuk DBD. Cara untuk mencegah gigitan nyamuk DBD diantaranya:
1. Memakai baju dan celana panjang, kaus kaki, serta sepatu di jam-jam nyamuk DBD aktif menggigit. 2. Menggunakan losion antinyamuk agar nyamuk enggan untuk mendekati dan menggigit. 3. Saat tidur, gunakan kelambu di tempat tidur agar terlindungi dari gigitan nyamuk DBD,” tandasnya.(Ar)

BACA JUGA:  Sungguh Mengejutkan, Meja Kerja puskesmas lolantang menggunakan Gardus Televisi
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *