Bupati Bangkep Resmikan Kolam Ikan Air Tawar Dinas Perikanan Banggai Kepulauan

Avatar
Bupati, Sekda, Wakapolres, Perwakilan Koramil dan Kadis perikanan Banggai kepulauan, Lepas secara simbolis ikan air tawar di kolam budidaya percontohan milik dinas perikanan Banggai kepulauan.
Doc.Arman. BangkepNews.

Jumat 13/05/22

BangkepNews.com. BANGKEP– Lounching perdana budidaya ikan air tawar Dinas perikanan diresmikan langsung oleh Bupati kabupaten Banggai kepulauan HmRais. D. Adam. Jumat (13/05/22).

Kolam budidaya ikan air tawar ini dilakukan atas inisiatif kadis dan staf, sumber dana didapatkan lewat swadaya kadis dan staf dinas perikanan.

Inisiatif yang dilakukan kadis perikanan lewat budidaya percontohan ikan air tawar ini, agar setiap program budidaya yang disalurkan kepada kelompok, dinas perikanan sudah bisa pastikan sesuai keinginan. Kenapa demikian, karena disetiap kelompok budidaya sudah pasti akan mengetahui cara budidaya yang baik, karena dengan adanya percontohan kolam ikan air tawar milik dinas perikanan, maka itu akan menjadi contoh cara pengembangbiakan ikan air tawar dengan baik.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, bahwa Pembudidayaan Ikan adalah kegiatan untuk memelihara, membesarkan dan/atau membiakkan ikan serta memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol. Sementara zona pemanfaatan perikanan itu sendiri terdiri dari Perikanan Laut, dan Perikanan Darat yang terdiri Perikanan Air Tawar, Perikanan Air Payau, Sungai dan Waduk.

BACA JUGA:  Waktu Kian Sempit, Berbagai Tanggapan Para Tokoh Pemuda Banggai Kepulauan, Siapa PJ Bupati Bangkep
Sambutan kadis perikanan Banggai kepulauan Tommy.Luasusun

“Kegiatan percontohan budidaya pembesaran ikan air tawar ini merupakan kegiatan inisiatif dari kami serta dukung dari semua civitas dinas perikanan Kabupaten Banggai Kepulauan, hal ini kami lakukan karena selain potensi laut yang kita miliki, juga pada beberapa wilayah tertentu mempunyai ketersedian sumberdaya air yang melimpah dan ini merupakan potensi lain yang bisa dimanfaatkan bagi pengembangan usaha budidaya ikan air tawar ini,” tandas mantan camat bulagi selatan.

“Untuk itu melalui pelaksanaan percontohan budidaya pembesaran ikan air tawar diharapkan akan membuka cakrawala berpikir dan dapat menginspirasi masyarakat secara umum terhadap penerapan teknologi budidaya ikan untuk berpartisipasi aktif dalam rangka penyediaan dan pemenuhan konsumsi pangan asal ikan terutama pada daerah aliran sungai, waduk dan danau di Kabupaten Banggai Kepulauan,” ucapnya.

BACA JUGA:  Perbarui Data Sipol, KPU Harap Pendaftaran Pemilu 2024 Lebih Mudah

” Kami sadar, bahwa inisiatif pelaksanaan kegiatan percontohan budidaya pembesaran ikan air tawar ini mendapat banyak
perhatian dan bahkan ada sedikit penolakan, akan tetapi, semua ini kami anggap adalah sebuah kritik yang menjadi pemicu motivasi bagi semua untuk terus berbuat dan bekerja sepenuh hati dengan berbasis pada pengembangan inovasi dan teknologi, dan juga berdasar pada ketersedian sumber daya alam yang dimiliki,” ucapnya.

Ungkap kadis perikanan, Tommy.Luasusun, kata dia, Dengan keyakinan serta tekad yang kuat, juga dukungan akan kemampuan sumberdaya manusia, perikanan yang dimiliki secara bertahap dan terukur, maka bukan hal yang mustahil, akan tetapi, tujuan program pembangunan perikanan yang berkelanjutan secara periodik akan dicapai.

 

Dengan diresmikannya kolam ikan air tawar oleh Bupati Banggai kepulauan, H.Rais.D.Adam  Jumat 13/05/22 yang dihadiri, sekertaris daerah ( sekda), Kapolres yang diwakili Wakapolres, OPD terkait, pabum yang diwakili Banbinsa, camat,Lurah dan beberapa kepala desa serta tokoh masyarakat yang berkesempatan hadir dalam kegiatan peresmian lounching Perdana kolam ikan air tawar milik dinas perikanan kecamatan Tinangkung kabupaten Banggai kepulauan.

BACA JUGA:  Paripurna Laporan Pertanggungjawaban Bupati Tahun 2021

“Rasa syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas segala anugerah yang dilimpahkannya berbagai kekayaan alam yang patut kita jaga dan lestarikan serta mengembangkan hasil yang telah kita peroleh. Seperti yang kita laksanakan pada hari ini yaitu dengan memberikan percontohan budidaya pembesaran ikan air tawar. Melalui kegiatan ini pula kita bersama sama dapat mengetahui dan menambah ilmu pengetahuan dengan penerapan teknologi yang dirancang untuk kemajuan bersama,” ucap Bupati Bangkep H.Rais.D Adam.

Kolam ikan air tawar ini akan menjadi tolak ukur untuk dijadikan perbandingan dan pembelajaran bagi kelompok usaha budidaya ikan air tawar di Banggai kepulauan. (Ar)

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *